Wednesday, August 18, 2010

Rafting di Sukabumi (Arus Liar Provider)


Well, sebenarnya nie kejadian udah lama mungkin udah setahun yang lalu, (sejak postingan ini di post), hoho. Cuman waktu saya lagi sortir foto, saya sempat berpikir.. kayaknya nggak afdol gitu kalau nggak saya tulis juga di blog, hehe...

Oke.. so.. it’s about Rafting!!

Perjalanan rafting ini saya tempuh dr Jakarta ke Sukabumi lumayan jauh juga, dan berkelok-kelok!!
menggunakan mobil Oom (bukan mobil pribadi).
*bodynote: untuk yang mabuk kendaraan sebaiknya minum obat tidur atau obat anti mabuk karena sudah dapat dipastikan muntah sebelum sampai tujuan, hehe


Well, setelah saya berusaha menahan mabuk kendaraan kurang lebih 3-4 jam akhirnya sampai juga deh tuh di tempat rafting!! Sebenarnya objek wisata yang ditawarkan di suka bumi ini nggak cuman rafting aja tapi juga ada outbond, paint ball, dan off road.

Penyedia jasa rafting di sukabumi cukup beragam, tapi kita pakai jasa Pendopo Arus Liar.
Paket Rafting yang ditawarkan juga banyak, ada night rafting (kalau mau rafting malam-malam bisa sekalian mandi kembang juga kayaknya, hehe), Full day rafting (mendayung selama 5 jam sampai tangan "jemper"), atau Adventure rafting (paket 3 jam dengan tinggkat kesulitan level III-IV) dan lain sebagainya.

Kebetulan kita ambil paket Adventure rafting level III (intermediate, dapat sertifikat looh), yang katanya kalau level ini si pelaku rafting masih bisa ditolong kalau kenapa-napa kecuali jika udah ditelan buaya!! hehe.
Tenang aja sob, sungai buat rafting biasanya nggak ada buayanya coz berarus deras, hohoho.

Kalau teman-teman mau pada rafting, sebenarnya nggak usah bawa terlalu banyak peralatan, kecuali jika nggak percaya sama standar peralatan dari si penyedia jasa. Boleh tuh.. bawa dayung sendiri, helm sendiri, jaket pelampung sendiri, bahkan kapal sendiri (yeah kl ini mah nggak usah bayar penyedia jasa deh..).

Kalau pengalaman pribadi, saya cukup membawa celana training, dan sepatu karena saya kebetulan nggak punya sandal gunung, hehe. Sebaiknya kalu punya sandal gunung wajib dipaki, kalau nggak punya sandal gunung dan sepatu jangan sekali-kali pakai sandal jepit!! bisa-bisa sandal jepitnya terlempar mengenai kepala si pemandu!! hehe.. tapi tenang sob, di sana banyak yang menjual sandal gunung, bisa dibeli di sana.

Pada pertengahan perjalanan siap-siap saja pasang aksi untuk di Jepret oleh si penjual foto!!
Bikin momen yang paling bagus kalau bisa sekali aja yang paling bagusnya, hehe. Why? Karena harga fotonya cukup mahal juga khususnya kalau dalam bentuk soft copy. Jadi kalau kebanyakan foto bagus sayang banget kalau nggak dibeli semuanya, benar-benar bisa menderita tekanan batin. hahaha

Nah.. biar lebih irit lagi, kalau rafting bawa rekan yang takut atau nggak mau ikutan rafting apalagi kalau dia punya kualifikasi bagus dalam bidang fotografi karena dia bisa kita jadikan juru foto acara rafting kita, hahaha. Suruh aja teman kita itu mangkal di sepanjang perjalanan, biasanya juru foto pribadi pada mangkal di pinggir sungai pendopo penginapan. Kalau udah punya juru foto sendiri silahkan bergaya senarsis-narsisnya dan sepuas-puasnya!!
Cayo!!

Acara rafting ditutup dengan duduk asyik sambil minum es kelapa muda. Setelah itu kita diangkut oleh truk Gede yang biasanya digunakan untuk membawa sapi atau bahan bangunan lainnya!!
But, jangan salah guys, kalau saya boleh memilih seruan mana naik truk sama rafting jawabannya seruan naik truk!! Kerenz bgt deh pokonya.. kita naek truk 2 kali. Waktu berangkat dan waktu pulang. Tapi, yang paling seru adalah perjalanan ketika berangkat.. karena apa? Kita bisa teriak-teriak sambil nyanyi lagu “naik-naik ke Puncak gunung” hehe.

Penting sekali kita tetap WASPADA!! ketika naik truk.. karena kayaknya si supir nggak peduli ama keselamatan penumpang, dia lebih peduli dengan keselamatan truk yang dibawanya. Memang bedanya apa? kalau si supir peduli dengan kondisi penumpang ia akan sangat.. sangat memikirkan kenyamanan si penumpang bukan hanya sekedar mencegah si truk masung jurang!! Alhasil, kepala kita siap-siap saja kena ranting pohon, (Watch out!! yang berbadan tinggi) dan siap-siap pegangan yang kuat!! Kalau nggak kita bisa terpental-pental di Truk. Siap2 utk memar-memar ketika turun dr truk kalau kita pegangannya nggak benar sepanjang perjalanan!! Tapi guys, you know what?? sekerenz-kerenznya naik truk masih kerenz supirnya!! Banyak wisatawan yang tiba-tiba jadi fans mendadak sama si supir termasuk saya sendiri, hehe. Lagian emang si supir kerenz bgt!! Mulai dari ngerem mendadak, mundur mendadak, ngepot mendadak, berbelok mendadak di jalan yang sempit. Kl meleset sedikit udah deh dapat dipastikan bahwa kita juga akan terjun bebas mendadak!! Dan jatuh mendadak ke dalam jurang. Riwayat hidup kita saat itu juga langsung tamat mendadak!! Haha.

Pokoknya jempol empat deh dr gw buat si supir!! Sepertinya si supir mantan Driver attraction atau punya cita2 jadi Stuntman,tapi yang jelas kemampuan drivernya mungkin udah level Advance, hehehe and that was very cool!!

So… kalau ada yang mau coba rafting?! atau emang hobi rafting, bagi-bagi info dan ceritanya yagh…!! Thx u.

Bagi yang mau rafting menggunakan arus liar silahkan klik websitenya : www.arusliar.co.id

Share:  

2 comments:

  1. Coba juga dong ke Ciberang Banten

    www.green-universe.web.id

    ReplyDelete
  2. Woooow!! Ciberang banten ada juga ya? seru nggak tuh sungainya? sepertinya boleh di coba.. thx FYI ya... ;)

    ReplyDelete