Saturday, December 31, 2011

Movie: Most Wanted Funtasy Movie (Hnie's version)

Well.. sudah lama saya nggak ngeBlog tenyata, maklum kesibukan tiada tara dan tentu saja didukung dengan rasa malaaas yang begitu mendalam!! hehhe..


Kali ini I'm BACK!! dengan memposting seputar Movie.. cuman movie yang saya mau posting kali ini adalah movie dengan gendre funtasy. Movie yang saya share ini adalah film favorite saya yang masih terbayang-bayang sampai sekarang, entah itu karena cerita yang baik atau bahkan visual effect-nya.. so.. let's cekidot!!



El Laberinto Del Fauno (Pan's Labyrinth)


Bagi yang telah membaca profile saya pasti tahu... saya memang suka film ini. Yups.. memang karena film ini tidak hanya mendapat acungan jempol dari saya tapi juga oleh para movie maker dan pengamat film lainnya. Film ini juga sampai mendapat beberapa piala Oscar khususnya untuk make up artist.



Film ini dapat dikategorikan sebagai "Dark Funtasy Movie" benar-benar "dark" sampai-sampai agak kurang tepat jika ditonton oleh anak kecil tanpa bimbingan orang tua karena ada beberapa adegan sadis di film ini yang membuat saya sampai menutup mata waktu menontonnya.



Film yang bersetting waktu tahun 40-an ini menceritakan Ofelia seorang anak gadis kecil yang bersama ibu kandungnya yang sedang hamil pindah ke suatu daerah camp militer di spanyol untuk menemui ayah tirinya.

Ayah tirinya adalah seorang mantan pelanggan penjahit baju dari ayahnya sekaligus kapten yang terkenal sadis tanpa perasaan sehingga banyak memunculkan pemberontakan dari penduduk sekitar. Mempunyai ayah tiri menambah konflik batin dalam keluarga kecil yang telah ditinggal mati ayahnya ini, sehingga membuat Ofelia sangat menginginkan untuk pergi ke negeri bawah tanah yang dijanjikan kepadanya oleh suatu makhluk aneh yang ia temui di dalam labirin, tetapi untuk pergi ke sana tidaklah mudah. Ia harus menyelesaikan 3 buah misi yang harus diselesaikannya.


Konflik dalam film ini sungguh banyak dari berbagai sisi, sungguh dapat memainkan perasaan. Mulai dari konflik batin di dunia nyata dan dunia funtasy yang terjadi dalam diri Ofelia, konflik penduduk sekitar yang mendapat perlakuan sadis dan sedang menyusun pemberontakan, sampai ke konflik si kapten Vidal ayah tiri Ofelia sendiri. Film ini juga menawarkan berbagai cerita funtasy tambahan yang benar-benar "dark" dan kuat di dalam cerita film aslinya, hal ini dikarenakan Ofelia sangat menyukai fairytale sehingga pembuat skenario banyak menyisipkan cerita-cerita dongeng yang dibaca Ofelia dalam skenarionya.


Jika mendambakan pemandangan visual dunia funtasy yang indah, makhluk-makhluk funtasy yang indah maka sungguh bukanlah hal yang tepat untuk menonton film ini. Sesuai gendre-nya "dark funtasy movie" maka dunia funtasy lebih terlihat menyeramkan daripada menyenangkan. bagi yang menyukai film funtasy dan belum nonton filmnya, saya rekomendasikan untuk menonton..!! teman-teman akan menemukan cerita funtasy yang berbeda dari cerita funtasy kebanyakan.



Big Fish




Selanjutnya adalah film Big Fish. Berbeda dari film Pan's Labyrinth yang menawarkan kesedihan, ketegangan dan menyeramkan film Big Fish adalah film yang menawarkan drama komedi yang sarat akan makna kehidupan dan cinta di dalam sebuah keluarga dan teman.

Film ini menggunakan setting waktu yang berbeda antara zaman modern lalu flashback ke waktu retro!! antara masa saat ini dan masa lalu. Menceritakan seorang ayah, Edward yang memiliki satu-satunya anak lelaki kebanggan dirinya, ia selalu menceritakan kelahiran anaknya dengan "hebat" dan mengaitkannya dengan "Big Fish" ikan besar langka dan misterius yang didapatkannya di saat-saat kelahiran anaknya. Konflik mulai terjadi antara ayah dan anak yang telah dewasa, anaknya yang dulu semasa kecilnya sangat menyukai cerita-cerita masa muda ayahnya untuk mendapatkan cinta ibunya mulai meragukan kebenarannya karena dirasa "berlebihan" dan hanya ada di negeri dongeng. Ia mulai menganggap ayahnya adalah seorang "tukang dongeng dan khayal". ketika ayahnya jatuh sakit sang anak mulai mencari kebenaran dari semua cerita-cerita ayahnya dan mulai menemukan rasa pengertian seorang anak yang seharusnya pada orang tua.

Antara khayalan dan realita di film ini sangatlah tipis. berbeda dengan film funtasy lainnya, film ini bukan menawarkan mahkluk-mahkluk aneh tetapi manusia-manusia aneh dan cerita aneh yang luar biasa indah dan bermakna. menonton film ini benar-benar dapat menimbulkan tawa dan haru dalam waktu yang bersamaan.







Snow Queen


Film ini memang banyak sekali versinya hampir saja kepleset antara Putri Salju dengan "Ratu Salju" walaupun mirip-mirip tapi mereka adalah dua tokoh yang berbeda. Film Snow queen ini sebenarnya saya tonton dengan tidak sengaja di salah satu stasiun TV ketika kebiasaan begadang saya kembali kumat. Bahkan gara-gara film ini saya baru tidur jam 4 pagi!! Alhasil terlambatlah sudah ke sekolah, huhuhuhu..
Sebenarnya cerita Snow Queen berasal dari sebuah novel kemudian diangkat ke layar kaca. Cerita ini menawarkan karakter tokoh Snow Qeen yang cantik, mempesona tetapi jahat, ia rela untuk melakukan segala cara demi memenuhi ambisinya terhadap sebuah cermin ajaib.

Seorang pemuda digunakannya sebagai alat untuk memenuhi ambisinya yang kemudian ia culik dan dibawa ke istananya. Menghilangnya pemuda tersebut membuat heboh lingkungan sekitar ketika semua orang telah pasrah dalam pencarian, Gerda seorang gadis muda anak pemilik Hotel ditempat pemuda itu bekerja yang sebenarnya juga mencintainya mulai melakukan pencariannya sendiri dengan melewati 4 musim yang berbeda.


Film ini menawarkan pemandangan 4 lokasi dan 4 musim yang dikemas dengan baik dan visual yang indah, bermula dari musim semi, panas, gugur dan terakhir adalah musim salju tempat dimana snow queen berada. Setiap musim memiliki ratunya masing-masing dan cerita tersendiri. ketika saya menonton film ini saya dapat merasakan petualangan seru Gerda dengan disuguhi pemandangan visual yang indah.


Sebenarnya masih banyak film funtasy bagus lainnya seperti Pirates of the carribean, Alice in the wonderland, Narnia serta Harry Potter tetapi tidak saya cantumkan karena entah mengapa kurang membekas di hatin saya, hehhe..


So.. bagi yang belum menonton film-film yang saya rekomendasikan dan jadi penasaran selamat hunting!! Happy Watching!! lol.
Share:  

0 komentar:

Post a Comment