Friday, September 21, 2012

Catatan Penting Seputar Umroh, Part 1




Dear Friends,

Sudah lama sekali ya saya tak bersua di blog saya yang tercinta ini, yang baru saya sadari ternyata topik yang paling laris adalah seputar keuangan. Baiklah dengan begitu mengenai topik tersebut porsinya akan saya tambah, walaupun sebenarnya sudah rajin saya kumandangkan kicauannya dalam akun twitter saya @hniecalista (please mention if you want to get my followback, jangan sungkan-sungkan, :p).

Well kali ini saya akan bahas seputar Umroh saya tahun 2012 bulan Mei yang lalu. semoga banyak hikmah dan informasi berguna yang dapat saya berikan kepada teman-teman semuanya yagh..

THINGS TO DO

Nah, apa saja sekiranya yang perlu dilakukan, yang pertama adalah NIAT!! niat kita untuk ibadah, bukan jalan-jalan apalagi shopping. Hal ini perlu diperhatikan, "secara" kita datang ke tanah suci, percaya atau nggak percaya apa yang akan terjadi di sana adalah hal yang kita niatkan dan bawa dari tempat asal, hehe.
Bukan maksud hati saya untuk menakut-nakuti tapi pengalaman telah banyak guys. Saya berikan contohnya dan tentu saja dengan nama yang dirahasiakan. ketika ibu saya berangkat umtoh ramadhan tahun lalu, ada rombongan umrohnya yang membawa uang saku lumayan banyak karena memang sudah diniatkan berbelanja ini dan itu, dia ini seorang dokter ceritanya tapi bersikeras juga tidak mau meminum obat penghenti haid (entah apa alasannya). Alhasil sesampainya di sana, ia tidak bisa melaksanakan ibadah umroh dan ibadah lainnya karena menerima tamu bulanan yang nggak pulang-pulang sampai dia pulang menuju Indonesia raya, tanah air kita tercinta. Ya itu adalah salah satu kisah nyata teman-teman.

Lalu selanjutnya saya hanya bisa menyarankan "Bersihkan Hati" termasuk jangan sombong, jangan takabur dan jangan "Ngoyo" (ini bahasa jawa yang artinya terlalu berminat, sesuatu yang harus). "Ngoyo" dalam hal ini maksudnya, ngoyo nyium Hajar Aswad, ngoyo sholat di Hijir Ismail, dan lain sebagainya termasuk ngoyo beli kurma nabi misalnya. Saran saya guys, jika itu semua termasuk ibadah sunnah, pasrah aja gan. Semua Allah yang mengatur yang penting ibadah utama kita yang WAJIB dilakukan dengan BENAR dan sempurna. Selesaikan dulu tawafnya, sa'inya tahalulnya baru mencoba yang lain-lain. Kenapa saya menyarankan begini? bukankah harus berlomba-lomba dalam ibadah? nah itu dia teman, ini juga berdasarkan pengalaman. Ada rekan seperjalanan ibu saya yang ngoyo sekali nyium Hajar Aswad padahal itu umroh ramadhan, ramai sekali ketika tawaf, tapi ia telah gigih dan banyak berkata terhadap temannya bahwa ia HARUS BISA nyium Hajar Aswad dan entah mengapa setelah ibadah umroh, orang tersebut mengalami gangguan pikiran dan ingatan, seperti orang linglung. Sehinga rekan sekamarnya sibuk menjaganya agar tidak hilang jika kemana-mana. Ini juga banyak kejadian di umroh ketika saya berangkat, ada seorang bapak-bapak yang ingin sekali mencium batu yang menempel di ka'bah itu, kebutulan ketika tawaf ada yang menawarinya untuk mencium batu itu. Setelah mencium malah bapak itu dipalak SAR 2000, sedangkan uang sakunya hanya SAR 1500. Nah loh, alhasil bapak itu langsung jatuh miskin selama umroh

Setelah itu buatlah rencana kapan berangkat umroh dan mulai cari-cari biro umroh yang BAGUS, BUKAN MURAH (ini WAJIB hukumnya bagi yang baru pertama kali berangkat, tapi jika sudah pernah atau ditemani dengan keluarga atau teman yang sudah pernah berangkat dan mau membimbing cari yang murah juga boleh). Kenapa saya katakan hal ini? karena biasanya biro umroh yang murah pembimbingnya abal-abal termasuk fasilitas makan yang kurang. Bisa-bisa kita disuruh cari makanan sendiri karena tinggalnya di flat/apartemen dan tidak ada kateringnya. Nah ini akan merepotkan di dalam ibadah. Bisa jadi ibadah kita salah atau bahkan tidak maksimal, yang paling parahnya lagi jika biro itu adalah biro abal-abal. Sudah bayar tapi tidak kunjung berangkat. Setelah ketemu, mulailah anggarkan biayanya, mulai nabung-nabung dan bikinlah perencanaan anggaran ketika di sana. Misal untuk makan berapa, untuk beli pulsa, untuk beli oleh-oleh dan lain sebagainya. Ketika saya berangkat saya hanya cukup membawa uang SAR 450, karena tidak terlalu banyak oleh-oleh yang harus saya beli, bahkan masih sisa SAR 250, hehe (irit banget yah ini). Yah, sebenarnya ini juga karena faktor keikutsertaannya ibu saya dalam perjalanan umroh saya sehingga untuk urusan oleh-oleh makanan dan bagi-bagi tetangga itu semua menjadi tanggungan ibu saya yang baik hati itu, lol. Hasilnya, ya saya habiskan untuk membeli oleh-oleh bagi orang-orang tertentu yang terdekat dan tahu saya berangkat umroh sisanya untuk makan dan pulsa (masalah belanja ini akan saya share di bagian selanjutnya).

Teman-teman jangan lupa juga untuk mencek harga Dollar dan SAR. Apalagi jika rencananya sudah jauh-jauh hari. teman-teman juga bisa membeli Dollar atau SAR terlebih dahulu atau dengan cara membayar uang muka ke biro umroh ketika Dollar sedang turun. Ini namanya cara smart dan hemat. Waktu umroh bulan Mei, saya juga melakukan hal ini. Apalagi ketika bulan-bulan itu Dollar lagi semangatnya naik gunung. Jadi begitu saya perkirakan harganya masih akan terus naik, saya memutuskan untuk membayar dulu uang mukanya, walaupun sebenarnya uang muka minimal dibayar sebulan sebelum keberangkatan. 

THINGS TO BRING

Sebelum berkemas, sebaiknya teman-teman cek dulu ke biro umrohnya seputar: jadwal kegiatan, lama di sana (perjalanan umroh), dan yang paling penting berapa banyak bisa melakukan umroh (satu kali atau dua kali), serta bagi para wanita cek kapan tamu akan datang.

1. Obat Penunda Mentruasi (bagi wanita)

Bagi para wanita, jika tamu datang ketika tanggal umtoh maka sebaiknya Anda ke dokter terlebih dahulu untuk meminta obat penunda menstruasi. Dokter akan memberikan resep dan dosisnya, karena pembelian obat ini setahu saya harus dengan resep dokter. Jangan terlalu mepet juga ke dokternya, misal 2 hari lagi tamu datang baru hari ini ke dokter itu sama saya bunuh diri karena obat itu butuh proses untuk bekerjanya. sebaiknya adalah 2 minggu sebelum tanggal kedatangan tamu. Diminum juga dengan rutin, jika telat-telat minum bisa memungkinan obat ini tidak bekerja dengan baik. Bawalh juga obat ini turut serta dalam perjalanan Anda, bahkan WAJIB hukumnya dibawa ke tas waktu jalan-jalan bahkan beribadah di Masjid karena teman-teman harus meminumnya dengan teratur sampai nanti pulang dari umroh.

2. Pakaian Ikhram (Umroh), Gunting Rambut Mini dan Penutup Kaki (sarung/kaos kaki)

Bawalah pakaian umroh lebih dari satu jika akan melakukan umroh sebanyak 2 kali bahkan lebih. Tanyakan kepada biro umroh apakah mendapatkan pakaian ini, jika dapat maka kita tidak perlu membelinya lagi. pakaian ini haruslah suci dari najis jadi simpanlah dengan sebaik-baik mungkin di dalam koper dan dikenakan ketika mau melakukan ibadah umroh (mengambil miqot).

Bawalah juga penutup kaki yang bentuknya kaos kaki atau sepatu model kaos kaki atau yang lebih dikenal dengan sebutan "Sepatu Osine", usahakan cari yang tebal. Hal ini sangat berguna ketika tawaf di siang hari. Ketika tawaf kita tidak diperbolehkan mengenakan alas kaki (sandal dan sepatu) padahal suhu siang hari di sana panasnya minta ampun, bisa bikin kaki melepuh dan memerah. Jadi sebaiknya bawah benda ini dalam koper teman-teman. Membawa kaos kaki yang cukup banyak bagi wanita juga diperkenankan karena untuk menutup aurat kaki, bawalah kaos kaki yang model jari sehingga bisa digunakan ketika menggunakan sandal jepit.

Gunting rambut diperlukan ketika kita akan melakukan tahalul. Sebenarnya bisa juga dibeli di Arab, tapi untuk mencegah tidak sempat membeli sebaiknya membawanya juga lebih baik. Jika dibawa, maka masukanlah ke dalam koper yang dimasukan bagasi pesawat. Jika tidak maka akan disita.

3. Busana dan Penampilan Muslim yang Sesuai Syariat

Anda sedang berada di Arab guys, bukan di Prancis atau Amerika. Jadi benar-benar perhatikan busana Anda sesuai syariat agar tidak di "haram-haramin" di sana. Busana yang memungkinkan mendapat cap "HARAM" diantaranya: dalaman jilbab bercepol (berpunuk unta), jilbab yang mencekik leher dan tidak menutup dada sekaligus kependekan (ketika nunduk leher kelihatan kemana-mana), pakaian terlalu pendek dan ketat (termasuk di dalamnya celana jeans ketat yang memperlihatkan paha), rambut disemir warna-warni dan memakai wanting-anting, kalung dan perhiasan lainnya bagi laki-laki.

Saran saya bagi wanita, perbanyaklah membawa baju gamis, atau bawahan yang berupa rok. Memakai ciput ninja atau maroko juga disarankan. Hal ini akan mempermudah ketika harus bolak/balik berwudhu. Teman-teman juga sebaiknya atur juga jumlah pakaian yang akan dibawa jangan sampai terlalu banyak sehingga memberatkan koper dan jangan sampai terlalu sedikit sehingga kalian harus irit pakaian dan menyebabkan bau tak sedap!

4. Mukena, Topi, Masker, Kacamata dan Alat Semprot

Selain alat untuk sholat Mukena juga bisa digunakan sebagai pengganti busana muslim. Percaya atau tidak? saya malah lebih banyak mengenakan mukena untuk beribadah merangkap berjalan-jalan di sana bahkan foto-foto. Menurut saya mukena ini lebih praktis. Saya bisa mengenakan kaos oblong lengan panjang dan celana daster di dalam mukena ketika sedang itikaf di Masjid. Selain itu juga karena alasan males. Misalnya saja, ketika hari itu tidak ada tour (off day), habis sholat subuh di lanjut duha baru pulang ke hotel untuk makan pagi lalu mandi pagi. Selepas itu ngapain? ya saya leyeh-leyeh sampai dzuhur di hotel dan tentu saja leyeh-leyeh dengan busana oblongan alias dasteran. Waktu dzuhur tiba, "males" banget saya dandan cantik-cantik, ganti baju apalagi memakai jilbab bermodel-model untuk berangkat ke masjid. Akhirnya saya hanya berlapis mukena lalu berangkat ke masjid sampai Ashar. Nah jika teman-teman ada yang seperti saya maka mukena ini banyak manfaatnya.lol

Saya dan Mukena

Bawalah juga topi, masker dan kaca mata (kacamata sunglasses dan kacamata biasa), hal ini akan melindungi teman-teman dari panas dan terik matahari serta angin pasiiiiiir yang suka nonggol tidak mengenal waktu. Bagi teman-teman yang alergi panas, topi, kacamata hitam dan masker wajib hukumnya selalu dipakai kemana-mana jika tidak maka biasanya hidung teman-teman akan mengeluarkan darah. Ini terjadi dengan saya. Hidung saya berdarah di sana ketika lupa membawa masker. Mengenakan topi dan masker akan membantu mengurangi pendarahan pada hidung dan hal-hal lainnya yang disebabkan akibat "TIDAK TAHAN PANAS".

Kacamata biasa (bukan sunglasses) kenapa juga saya cantumkan? karena untuk menghindari angin/badai pasir pada malam hari dan subuh hari. Ya, tanpa kacamata teman-teman akan susah melihat jalan yang terus-menerus meniupkan angin dengan membawa pasir besertanya. Jika memakai kacamata sunglasses tentu sama saja hasilnya "TIDAK KELIHATAN" juga, hahaha. Jadi bawalah kacamata biasa ini turut bersama Anda, khususnya ketika hari telah gelap. Botol semprotan juga bisa sangat diperlukan. Misalnya sebagai persediaan air untuk berwudhu (jika tidak sempat ke tempat wudhu) atau sekedar menyemprot diri ketika kepanansan.

3. Tas Kecil Banyak Kantong

Bawalah tas yang tidak terlalu besar ukurannya, yang kira-kira muat untuk membawa kosmetik wajib (anti sinar matahari), mukena, kamera dan menyimpan uang. Banyak kantong atau resleting ini saya rekomendasikan untuk menyimpan uang dan benda berharga lainnya agar tidak mudah jatuh bahkan diambil dengan orang-orang yang tak beradab. Menggantung dompet teman-teman pada tas atau pinggang dengan menggunakan tali atau rantai juga bisa dilakukan.

Bawalah juga tas-tas kecil yang kuat dan bisa dilipat. Biasanya ketika berangkat koper kita sebanyak dua buah ketika pulang langsung beranak jadi 5 atau 6. nah fungsi tas itu adalah untuk membawa barang-barang yang tidak muat dikoper semula. Bisa digunakan untuk membawa oleh-oleh atau pakaian kotor misalnya. Sehingga tidak terlalu repot mencari tas tambahan di sana.

4. Sabun Cuci baju, Gantungan baju dan Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi bawalah yang praktis dan bawa juga yang berukuran mini sehingga bisa dimasukan ke dalam tas. Perlengkapan mandi mini ini bisa digunakan untuk membersihkan diri di pesawat. Masukan perlengkapan mandi ukuran besar ke dalam koper yang dimasukan dalam bagasi pesawat bukan di dalam kabin, karena bisa memuai dan mengotori barang lainnya dalam koper. Bawalah juga sabun cuci baju untuk mengantisipasi kurangnya pakaian atau ada hal-hal yang menyebabkan pakaian kita harus dicuci. Misalnya, pakaian ikhram tiba-tiba kotor dan lain sebagainya.

Mengeringkan pakaian di sana tidak membutuhkan waktu yang lama, jemur saja pakaian di kamar mandi dengan gantungan. Sehari semalam juga pakaian bisa kering.

5. Kosmetik (Bagi laki-laki dan perempuan) dan Tisue

Tisue. Sediakanlah selalu apalagi jiak niatan kita untuk ibadah dan bertobat menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan sampai melap tangisan dan cairan lainnya dengan baju Anda (bukankah menjadi tidak enak dilihat dan dicium baunya?, huhu). Saran saya janganlah membawa kosmetik berlebihan dari Indonesia. Khususnya kosmetik anti matahari karena percuma. Kosmetik anti matahari terbaik adalah buatan ARABnya langsung. Saya pernah membawa lip gloss, cream 21 (beli di Indonesia), krim kaki, handbody dan lain-lain dengan hasil muka saya merah-merah dan iritasi. Akhirnya saya harus membeli obat-obatan kosmetik di apotek Arabnya langsung ketika tiba di sana. Hasilnya?? luar biasa!! iritasi langsung hilang, bibir tidak lagi kering, kaki tidak pecah-pecah lagi, muka nggak gosong-gosong amat. Memang kosmetik Arab tiada duanya, hohoho.

Saran dari saya di Apotek Arab belilah cream 21 atau anti tirai lainnya, krim iritasi (jika terjadi iritasi), handbody, dan lipstik Arab Hera (yang warnanya hijau), atau lipgloss yang dijual di sana, serta krim kaki. Sebenarnya hanya itu yang kita butuhkan untuk merawat tubuh dari panasnya ARAB. Sebaiknya jangan beli di Indonesia karena tidak mempan. Siapkan saja uang sebesar SAR 50 s.d SAR 100 untuk membeli semua kosmetik tersebut. Beli saja yang ukuran mini, yang mini juga sudah bisa dipakai untuk berdua.

Kosmetik Arab ( Cream 21)
dan Krim kaki ( Glycerin Cream )

Bagi yang wanita, saya hanya menambahkan saran saja dalm hal berdandan. jangan terlalu berlebihan dalam berdandan hal ini bisa menyebabkan kerusakan kulit wajah khususnya bagi yang kulitnya sensitif dan bagi yang ternyata kosmetiknya tidak bersahabat dengan panas. Seperti pemakaian bedak dan alas bedak berlebihan, blush on, dan eye shadow. saya di sana hanya memakai krim iritasi (jika iritasi) ditambah cream 21 lalu dilapisi BB cream yang mengandung SPF, pemakaian bedak hanya ditutul-tutul saja. Berdasarkan pengalaman ibu saya, kulit wajahnya jadi bopeng-bopeng ketika memakai bedak, kebetulan ada dokter kecantikan yang berangkat juga, ia yang menyarankan agar pemakaian bedak buatan Indonesia dibatasi apalagi jika memakai foundation.

Baiklah, sekian dulu sharing saya di bagian ini, sampai ketemu di catatan saya seputar umroh berikutnya guys!!


Baca Juga : Catatan Penting Seputar Umroh Part 2, Part 3, Part 4
Share:  

13 comments:

  1. hallo, pakaian umroh saya bentuknya abaya/gamis longgar2, bisakan langsung dijadikan mukena??
    thanks cantikk...

    ReplyDelete
  2. warna bisa apa sajakan ya?
    yg agak menyolok seperti pink, ungu, hijau, biru??

    ReplyDelete
  3. @Ayubagus : Bisa langsung dijadikan mukena, hanya lengkapi saja dengan manset tangan (penutup pergelangan tangan) dan kaos kaki utnuk sholat. warna bisa cream, biru muda, pink muda, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  4. terima kasih tips umrohnya, sangat bermanfaat syukron

    ReplyDelete
  5. bisa tanya ? kalau umroh itu paling lama berapa hari ya ??

    ReplyDelete
  6. saya butuh jawaban cepat .

    ReplyDelete
  7. nice blog,sangat bermanfaat...terutama untuk cream2 nya...

    ReplyDelete
  8. SILAHKAN DIPESAN MULAI DARI SEKARANG TIKET PAKET PERJALANAN ANDA UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH UMROH / UMROH PLUS TURKI / UMROH PLUS DUBAI / UMROH PLUS AQSHA / UMROH PLUS KAIRO & HAJI PLUS.....

    LABBAIK ALLAAHUMMA LABBAIK....

    YAA ALLAH KAMI PENUHI UNDANGANMU UNTUK DATANG KERUMAHMU...

    JADWAL UMROH 2015 –2016

    15 APR 15 UMROH MURAH
    LANDING MADINAH 09 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    09 APR 15 UMROH PLUS TURKI
    HOTEL*4/TURKISH 12 HARI = $2750 = SISA 25 SEAT

    11 APR 15 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2600 = SISA 25 SEAT

    15 APR 15 UMROH 2X JUMAT
    12 HARI = $1850 = SISA 30 SEAT

    15 APR 15 = UMROH 2X JUMAT
    15 HARI = $1950 = SISA 30 SEAT

    26 APR 15 UMROH MURAH
    09 HARI = $1775 = SISA 40 SEAT

    THN 2016
    HAJI PLUS NON KOUTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    07 MEI 15 UMROH MURAH
    LANDING MADINAH = 09 HARI = $1800 = SISA 35 SEAT

    11 MEI 15 UMROH PLUS AQSHO ISRA MIRA’J
    13 HARI = $3400 = SISA 25 SEAT

    13 MEI 15 = UMROH MURAH
    09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

    13 MEI 15 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2700 = SISA 25 SEAT

    13 MEI 15 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2500 = SISA 25 SEAT

    29 MEI 15 UMROH MURAH
    09 HARI = $1800 = SISA 45 SEAT

    13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
    LANDING MADINAH 12 HARI = $1900 = SISA 30 SEAT

    13 MEI 15 UMROH 2X JUMAT
    LANDING MADINAH
    15 HARI = $2000 = SISA 30 SEAT

    TAHUN 2016
    HAJI PLUS NON KOUTA = 25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    PAKET UMROH RAMADHAN 2015

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    09 HARI = $2400 = SISA 30 SEAT

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    12 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

    18 JUN 15 AWAL RAMADHAN
    $2900 = SISA 15 SEAT

    1 JUL 15 LAILATUL QADAR
    09 HARI = $2600 = SISA 20 SEAT

    1 JUL 15 LAILATUL QADAR
    12 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

    25 JUN 15 LAILATUL QADAR
    15 HARI = $2900 = SISA 20 SEAT

    11 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
    09 HARI = $2800 = SISA 20 SEAT

    8 JUL 15 = AKHIR RAMADHAN
    12 HARI = $3000 = SISA 20 SEAT

    5 JUL 15 AKHIR RAMADHAN
    15 HARI = $3200 = SISA 20 SEAT

    18 JUN 15 FULL RAMADAHAN
    30 HARI = $4000 = SISA 25 SEAT

    5 JUL 15 ITIKAF RAMADHAN
    15 HARI = $2400 = SISA 25 SEAT

    17 DEC 15 UMROH PROMO
    09 HARI = $1650 = SISA 45 SEAT

    26 DEC 15 = UMROH TAHU BARU
    09 HARI = $1700 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PROMO
    15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS CAIRO
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    15 JAN 16 UMROH PLUS AQSHA
    12 HARI = $2600 = SISA 30 SEAT

    THN 2016 HAJI PLUS NON KUOTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    09 HARI = $1550 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    12 HARI = $1675 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PROMO
    15 HARI = $1775 = SISA 45 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PLUS TURKI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    23 FEB 16 = UMROH PLUS DUBAI
    12 HARI = $2450 = SISA 30 SEAT

    23 FEB 16 UMROH PLUS CAIRO
    12 HARI = $2450 = 30 SEAT

    THN 2016 HAJI PLUS NON KOUTA
    25 HARI = $11.700 = SISA 10 SEAT

    Hubungi Segera Marketing Kami :
    089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
    Pin BB 54EE5486
    DHONY HADI SYAHPUTRA

    SILAHKAN COPY PASTE LINK DIBAWAH INI
    ; http://donifatatour.blogspot.com/

    SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MEMANGGIL TIAP ORANG YANG MAMPU...
    MELAINKAN MEMAMPUKAN TIAP ORANG YANG TERPANGGIL, INSYA ALLAH DIANTARANYA ANDA..

    ReplyDelete
  9. terima kasih atas ilmu yang di berikan..saya tunggu artikel-artikel selanjutnya :) saya ingin berbagi ilmu sedikit mengenai mukena Sebagian besar ulama kita telah bersepakat bahwa busana yang sesuai dengan syarat untuk menutup aurat wanita dalam{Enter}shalat adalah baju kurung beserta kerudung (yang sekarang dikenal dengan mukena) ... salah satu trend zaman sekarang yaitu mukena katun jepang ,,ingin Dapat barangnya kualitas top di sini tempatnya GROSIR MUKENA KATUN JEPANG ( www.mukenadistro.com )

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum...

    Maaf, mau tanya.
    Berhubung akhir tahun rencana ingin umroh. Saya baru mencari Mukena Umrah untuk ibu dan istri saya. Apakah Anda menyediakan Mukena Umrah ? Atau ada info tempat menjualnya?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  11. MAAF!! Semua iklan yang tidak jelas lembaga dan usahanya dan semua iklan yang tidak bermanfaat saya HAPUS!

    Terima kasih.

    ReplyDelete