Thursday, February 28, 2013

How To Use Couchsurfing? Penginapan Gratis Bagi Traveler



Guys, adakah diantara kalian yang suka sekali dengan traveling? Nah, biasanya kalau traveling, ala travel agent atau backpacker? Jika kalian biasa traveling dengan travel agent maka perlu sekali-kali mencoba travel ala backpacker, sob! Travel ala backpacker ini tidaklah harus dengan anggaran yang minim sehingga harus berperihatin tingkat tinggi!! Ketika teman-teman mencoba berpergian dengan merencanakan kepergian sendiri, seperti membeli tiket sendiri, mengurus visa sendiri, mengatur acara jalan-jalan sendiri dan mencari tempat penginapan sendiri maka teman-teman sudah bisa dikatakan sedang backpacker-an.

Banyak hal yang bisa didapatkan dari backpacker, selain bisa pusa-puas explore tempat-tempat yang ingin di datangi tanpa harus di suruh pulang dan kumpul oleh travel agent-nya, teman-teman juga bisa membuat liburan teman-teman lebih penuh warna, terutama di zaman sekarang ini yang sudah marak dengan adanya komunitas Couchsurfing, yang telah dipercayai oleh para traveler untuk membantu perjalanan mereka di berbagai belahan bumi.

So.. apa sih itu Couchsurfing? apakah itu lomba surfing? tempat pelatihan surfing? atau jualan sofa yang ada gambar orang-orang lagi pada surfing? hal itu juga pernah untuk pertama kalinya saya tanyakan ketika membacanya di milis yahoo group Backpacker Dunia. Sangking banyaknya saya bertanya, sampai dibilang "Naif" sama salah satu anggota member yang ternyata "baru mau mencoba" backpackeran ke Eropa, (Capeee deh, kirain udah jadi dedengkot-nya Backpacker Dunia, nggak tahunya sama aja cupu-nya kaya saya, lol).

Akhirnya, setelah saya browsing ke sana ke mari, bertanya ke sana-ke sini, saya menemukan juga apalah arti dari satu kata keramat Couchsurfing ini. Couchsurfing sebenarnya berasal dari kata couch dan surfing, couch di sini berarti penginapan dan surfing di sini berarti para traveler. Couchsurfing sendiri adalah sebuah website sebagai tempat berkumpulnya komunitas pecinta jalan-jalan dari seluruh dunia, dan yang membuat komunitas ini menjadi seru adalah para traveler tidak hanya bisa mendapatkan info untuk rencana perjalanannya akan tetapi juga bisa mendapatkan teman travel dan penginapan gratis yang diberikan oleh sesama member jika berkunjung ke kotanya. Adanya penginapan gratis yang bisa di dapatkan bagi sesama member bukan berarti para traveler bisa seenaknya saja, karena tujuan utama penginapan gratis ini bukan semata-mata untuk penghematan anggaran akan tetapi juga sebagai ajang perkenalan sesama member Couchsurfing. Selain itu, member yang menyediakan tempat menginap atau yang biasa disebut dengan sebutan “Host” juga bisa mempromosikan wisata daerahnya kepada para “Surfer” (traveler yang menginap di rumahnya). Nah.. karena itulah Couchsurfing ini banyak digandrungi oleh para traveler dunia, bahkan karena sangking banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari Couchsurfing, bisa dianggap komunitas ini adalah surganya para traveler, Guys!



Mencoba pengalaman ber-Couchsurfing juga harus didukung dengan attitude yang baik, sehingga tidak terjadi pertengkaran antara sesama anggota member. Couchsurfing juga menyediakan fitur reference, fitur ini sangatlah membantu kita untuk mendapatkan Host, disinilah pentingnya attitude!! karena jika ada anggota member yang  tidak menyukai kita maka ia bisa saja memberikan referensi negatif di profil kita. Banyaknya referensi negatif akan mendukungnya proses penolakan bagi para Host untuk menerima kita menginap di rumahnya—dan itu sangat merugikan, Guys!!





Salah Satu Reference dari Surfer
yang Pernah saya Host-in


References yang Berhasil saya Dapatkan


Sebelum saya menutup tulisan Couchsurfing di Blog saya kali ini, rasanya kurang afdol jika tidak memberikan tips (kurang baik apa lagi saya coba, iya kan? hoho) Berikut, akan saya bagikan beberapa tips agar teman-teman bisa mengoptimalkan profil Couchsurfing teman-teman jadi bisa sangat membantu rencana jalan-jalan kalian, here we go!!

1.       Lengkapilah profil Couchsurfing teman-teman





Tidak hanya memasang foto tapi seluruh pertanyaan yang terdapat di dalam profil juga harus diisi. Jika kalian kerepotan dalam berbahasa inggris maka bisa menggunakan jasa google translate atau kamus bahasa Inggris. Semakin bagus dan lengkap profil kalian maka akan semakin mudah untuk menumbuhkan rasa percaya diantara para member.

JANGAN LAKUKAN :  Memasang foto orang lain, memasang foto bergambar kartun dan segala foto yang bukan foto diri kalian sendiri. Ini akun Couchsurfing bukan akun Facebook atau Twitter. Semua member yang melihat profil kalian benar-benar ingin mengetahui tentang kalian bisa dipercaya atau tidak, bukan ingin mencari kenalan, cari pacar, gebetan apalagi berlomba banyak-banyakan friends.


2.       Jika punya uang dan kartu kredit maka verifikasilah profil kalian


Mem-verifikasi profil adalah dengan cara membayar kartu kredit kepada penyedia jasa Couchsurfing. Jika profile kalian telah diverifikasi maka pada foto dan profile kalian akan terdapat tanda centang hijau, ya mirip-mirip sedikit lah sama tanda centangnya twitter, lol.


3.       Ikutilah beberapa group dan gathering


Couchsurfing juga menyediakan fitur group. Group ini sangat membantu bagi kalian berkenalan dengan member lain serta mencari info untuk rencana perjalanan kalian ke negara atau kota tertentu. Kalian juga bisa membantu sesama member lain di group yang sedang kesusahan mencari informasi dengan menjawab pertanyaan dari mereka atau hanya sekedar memberikan saran. Ikutilah juga group kota dimana kalian tinggal karena di dalam group yang kalian ikuti, biasanya juga akan disediakan informasi mengenai jadwal gathering. Kalian juga bisa menemukan jadwal gathering di dalam fitur "Event".

Gathering ini adalah pertemuan sesama member yang diadakan oleh moderator group. Kalian bisa berkenalan dan bertemu langsung dengan member lainnya, dengan cara ini kalian bisa mendapatkan banyak teman dan referensi (reference).

Menambah teman sesama anggota coushsurfing apalagi jika sampai dimasukan ke dalam group whatsapp komunitas mereka maka akan mudah sekali mendapatkan "Last Minute Couch" alias host mendadak. Saya pernah mendapatkan Last Minute Couch ketika saya mau traveling ke Bali dari Malaysia dan mendapatkan berita mendadak bahwa akomodasi semula tidak bisa menampung saya, #Hiks! saya mendapatkan Last Minute Couch ketika pesawat saya sudah mau take off dan saya mendapatkannya bukan dari website Couchsurfing melainkan group whatsapp komunitas Couchsurfing, Jadi kebayang kan seberapa bermanfaatnya aktif di komunitas?


4.       Bantulah banyak member


Membantu banyak member ini tidak hanya aktif dalam group, akan tetapi aktiflah juga sebagai Host, dengan menawarkan diri sebagi Host bagi para Surfer yang sedang mencari tempat menginap, maka kalian akan bisa dengan mudahnya mendapatkan referensi positif. Ingat!! Semakin banyak mendapatkan referensi positif akan membantu kalian jua mendapatkan host.


5.       Bukalah open request dan personal message untuk mencari Host



Membuat Open Request untuk Mencari Host




Contoh Mencari Host
dengan Membuat Trip Perjalanan ke Publik

Jika teman-teman ingin berpergian dengan menggunakan fasilitas Host dari Couchsurfing sedangkan kalian tergolong anggota baru, maka bisa dengan membuka open request for host dengan membuat rencana trip kalian dan dibagikan ke publik (klik create public trip).

Jika fitur ini tidak mempan (tidak ada yang memberikan tawaran menginap) maka silahkan cari host sendiri dan lebih rajin lagi untuk mengirimkan personal message bagi para member yang tinggal di kota yang akan kita tuju dan memiliki status di profilenya “Open Couch/Couch available” (Bersedia menjadi host). Cari juga calon host yang memiliki tingkat respon rate lebih dari 80%. Kenapa? karena biasanya calon host yang dibawah 80% tidak membalas request yang berdatangan alias tidak aktif! jadi PERCUMA kalian kirim request ke mereka.



Member yang Bersedia Menjadi Host dan memiliki 98% respon rate,
klik "Send Request" untuk menulis permohonan "numpang menginap"
di rumah mereka.


Lengkapi juga dengan pesan/keterangan singkat ketika kalian mengirimkan permohonan untuk mencari host, jangan biarkan fitur pesan/keterangan singkat itu kosong begitu saja. Misalnya dengan mencantumkan berapa jumlah orang yang traveling bersama kalian, gaya hidup kalian, berapa lama kalian akan menginap dan lain-lain, dengan begitu akan memberikan pertimbangan bagi para Host untuk menerima kehadiran kalian di rumahnya atau bahkan menolaknya. Semakin tidak muluk-muluk pesan singkat kalian maka akan semakin memudahkan host untuk menerima kalian. Muluk-muluk ini maksudnya adalah dengan meminta fasilitas internet, tidak suka binatang, ingin menginap dengan kamar pribadi, ingin di temani jalan-jalan dan lain-lain yang bisa membuat para calon Host muntah darah ketika membaca pesan/keterangan singkat kalian, hohoho.

Saya sangat beruntung bisa mendapatkan Host di Singapura (negara yang terkenal pelit couch, alias susah banget mendapatkan host) waktu liburan tahun baru. Bahkan saya berhasil mendapatkan host lokal (Lokal host Singapura-bukan expat ini termasuk dalam kategori hampir punah, lol). Saya cukup rajin mengirim couch request (saya kirim ke hampir 30 host) dan menuliskannya seperti menulis surat (baca profile calon host satu-satu dan bukan copy-paste) dan hal ini berbuah manis. Alasan saya berhasil mendapatkan host lokal ini juga karena si Host merasa dihargai dengan tulisan couch request saya itu.


Couch Request Saya Waktu Mencari Host di Singapura
saat New Year Trip


Lanjutan Tulisan Couch Request Saya
Kepada Calon Host di Singapura


6.       Cantumkan syarat dan keterangan untuk mendapatkan Surfer yang baik



Syarat Bagi Para Surfer yang Mau Numpang Menginap
di Rumah Saya

Pada profil Couchsurfing terdapat fitur couch information, fitur ini berfungsi untuk menyediakan keterangan bagi para surfer yang sedang mencari host. Kita sebagai pemilik profil bisa secara bebas mencantumkan berbagai informasi yang dibutuhkan bagi para surfer jika akan menginap di rumah kita, misalkan dengan mencantumkan berapa kamar yang tersedia, berapa banyak keluarga yang tinggal bersama kita bahkan kita juga bisa mencantumkan syarat bagi para surfer, misalkan dengan tidak boleh merokok di rumah kita, tidak boleh jorok-jorok, hingga mencantumkan berapa banyak surfer yang bisa menginap di rumah kita.

7. Jangan lakukan segala kegiatan berbentuk SPAM


Segala kegiatan berbentuk SPAM yang dimaksud di sini seperti :

- Memberikan reference pada orang yang tidak anda kenal dengan baik dan memberikan reference yang tidak penting, misalnya : "Ini capa eaaaa", "leh kenal ga?", "No comment", "emooot dulu akh!! :D"

Kenapa tidak boleh melakukan hal di atas? karena reference is reference, bukan comment facebook atau timeline pada twitter. Reference  adalah nyawa kalian di dalam komunitas Couchsurfing, semua member memperhitungkan kalian bisa dipercaya atau tidak melalui fitur ini. Jika kalian tetap "ngotot" melakukan hal ini, bisa jadi kalian akan diberi reference negatif dengan sukarela oleh member lain tanpa kalian memintanya. hehehe.

Jika kalian bingung ingin memberikan reference karena kalian tidak mengenal dengan baik, maka sebaiknya kalian urungkan niat kalian memberikan reference. Cukup meng-add sebagai friends.

- Jangan sembarangan meng-Add member yang kalian tidak kenal.

- Jangan sembarangan menggunakan fitur Couchsurfing, misalnya kalian hanya pernah bertemu, maka jangan sekali-kali mengaku kalian sebagai "host".

So.. bagi para teman-teman yang mau mencoba pengalaman couchsurfing, maka silahkan saja membuat akunnya di www.couchsurfing.com  siapa tahu bisa bertemu dengan saya di sana. lol.


8.       Hati-hati Couchsurfing TIDAK 100% aman! 

Hati-hatilah dalam memilih host dan travel mate, jangan dilihat gantengnya, jangan dilihat bule-nya. Banyak kasus pemerkosaan, penipuan bahkan pembunuhan dalam komunitas Couchsurfing. Baca baik-baik profil calon host. Komunitas Couchsurfing sudah jauh berkembang dan banyak member yang menggunakannya keluar dari jalur seperti : nyari bule, nyari korban, nyari jodoh dll. Pastikan bahwa calon host kalian memiliki reputasi yang baik! Semakin banyak positif references semakin baik. Pastikan juga member yang memberikan reference itu akunnya asli dan berkredibel sebagai traveler bukan akun abal-abal.



Kasus-Kasus Kejahatan Melalui Couchsurfing

Untuk kalian para wanita sebaiknya baca fasilitas apa yang akan kalian dapatkan dari si host, apakah kamar private, atau seranjang berdua dengan si Host. Jika kalian tidak bisa mendapatkan host yang meyakinkan sebaiknya urungkan niat kalian dan cari hostel atau homestay murah lainnya.
Hidup kalian lebih berharga daripada "sekedar bayar penginapan."

Semoga bermanfaat! Happy Traveling! Share ke teman-teman kalian jika menurut kalian tulisan ini bermanfaat.. see you..
Share:  

8 comments:

  1. Wuihh...mantap info nya, da ikut cs, tp masih bingung nyari host nya, tp skrg da lumyn tau deh...tx yaa

    ReplyDelete
  2. Wuihh...mantap info nya, da ikut cs, tp masih bingung nyari host nya, tp skrg da lumyn tau deh...tx yaa

    ReplyDelete
  3. nice info...coba ah pake si couchsurfing ini, :)

    ReplyDelete
  4. gmn cara dpt kepercayaan dr para host ya? sdgkn saya bru buat akun dan otomatis blm ad tmn nya maupun reference

    ReplyDelete
  5. Untungnya pengalamanan saya pake CS selama ini baik-baik aja. Gunain feeling itu penting banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello!! Ya, saya juga belum pernah ada pengalaman buruk dg Host atau Surfer selama ini.
      Lucky!

      Delete
  6. Emang ngeri buat cewek terutama di negara arab. Gue pernah denger cewek mau di perkosa sama hostnya di maroko. Untuk maroko kasusnya banyak katanya.

    ReplyDelete