Wednesday, March 26, 2014

Review : Bed and Breakfast Hostel, Singapore



Sudah lama saya tidak ng-Blog (sumpah ini pembukaan garing yang langganan saya pakai, lihat saja sudah berapa postingan yang pakai pembukaan model-model begini, haha). Yeah, guys langsung saja kita skip basa-basi-nya. Sesuai judul di atas saya akan me-review salah satu Hostel yang ada di Singapura. Here we go!!

Hostel yang Bersahabat dengan Indonesia


Guys!! sudah baca judul di atas? itulah salah satu alasan saya memasukan Gusti dalam entri blog saya. Daya tarik hostel ini bagi saya yang orang Indonesia adalah karena kemudahan dan kenyamanan yang saya rasakan sebagai orang Indonesia mulai dari ketika saya menghubungi pengelolanya hingga ketika saya tinggal di hostel ini. Selain itu, nama "Gusti" yang digunakan juga sangat familiar dengan bahasa Indonesia, jadi serasa berada di tanah air sendiri. hehe.

Saya menemukan hostel ini dari website andalan saya yang selalu saya pakai setiap kali jalan-jalan : couchsurfing.org. Singkat cerita ketika saya kesulitan mencari host via couchsurfing di trip tahun baru saya, Desember 2013 lalu, saya mendapatkan pesan dari pengelola hostel ini di profile couchsurfing saya. Setelah banyak tanya-tanya dan bernegosiasi (hehe), akhirnya saya pun mendapatkan harga diskon yang cukup menarik dari hostel ini, dan setelah menimbang-nimbang cukup lama, akhirnya saya putuskan untuk menginap di sana selama 3 hari 2 malam dan berjanji untuk membuat review mengenai hostel ini. So.. berikut review-nya :


~Lokasi~




Lokasi hostel ini tidak terlalu jauh dari stasiun MRT/LRT dan halte bus, untuk menuju halte bus bisa berjalan kaki sekitar 5-10 menit dan untuk menuju halte MRT/LRT bisa ditempuh sekitar 15 menit dengan berjalan kaki. Kita juga bisa menemukan toko "Seven Eleven" tepat persis di sebelah hostel ini dan beberapa kios yang menjual makanan yang tidak terlalu jauh dari lokasi. Hostel ini juga cukup dekat dengan Little India, tinggal berjalan kaki sekitar 30-40 menit atau naik bus jika tidak mau pegal-pegal berjalan kaki. Jika teman-teman yang orang Indonesia kangen makan nasi dan mau menikmati makanan khas india dan arab bisa menuju ke Little India dengan mudah dari hostel ini.  Lokasi hostel ini secara keseluruhan pun cukup tenang dan jauh dari keramaian jadi cukup nyaman untuk berjalan kaki dan beristirahat.


~Fasilitas & Pelayanan~



Saya pun sangat menyukai penampakan hostel ini. Sungguh terkesan vintage and edgy dari luar. Jangan harap kita akan menemukan pintu besar yang langsung menghadap ke lobby di hostel ini, karena untuk masuk ke dalam hostel kita harus melalui pintu kecil yang saya sendiri pun agak kesulitan memastikan pintunya waktu pertama kali datang, siapa tahu saya salah pintu, heheh. Cara memperoleh akses masuknya pun cukup unik, kita harus menekan tombol di sebelah pintu untuk berbicara dengan resepsionis. Jika kita sudah melakukan pemesanan kita bisa langsung menyebutkan nama kita, maka pintu akan terbuka secara otomatis. Bagi yang kesulitan berbahasa inggris tidak perlu khawatir karena pegawai hostel ini ramah cukup familiar dengan bahasa Indonesia.


Pintu Masuk Hostel Gusti Bed and Breakfast

Hostel ini terdiri dari tiga lantai dan tidak ada lift maupun eskalator hanya tersedia tangga saja. Ruang resepsionis dan ruangan untuk sarapan ada di lantai satu. Jika teman-teman membawa barang banyak dan tidak mau repot-repot maka bisa memesan kamar di lantai satu, cuman lantai tiga adalah lantai favorit saya, karena selain dekorasi ruangannya lebih eye catching, suasananya pun lebih tenang, di lantai tiga juga terdapat ruang santai untuk menonton televisi, jadi bisa bersantai di ruangan sambil menonton beberapa film. teman-teman juga bisa membawa DVD sendiri dan menumpang nonton di lantai tiga.


Ruangan di Lantai 3

Pelayanan di hostel ini cukup ramah untuk ukuran budget hostel, kita juga bisa meminta fasilitas, seperti pergantian sprei dan selimut jika kotor, juga meminjam stop contact alias 'colokan' karena colokan di Singapura ini memakai lubang 3 cukup berbeda dengan Indonesia. Teman-teman harus bertanya dan meminta untuk mendapatkan pelayanan jangan harap semuanya akan langsung dilayani secara otomatis bak hotel berbintang karena ini budget hostel bukan hotel berbintang jadi kita benar-benar dituntut untuk mandiri dan juga tahu diri di sini. Tahu diri ini maksudnya seperti, mematikan air dan listrik jika tidak dipakai, mengangkat koper sendiri dan mandi sendiri, hehe. Walaupun hostel ini terdiri dari tiga lantai dan fasilitas di setiap lantai berbeda-beda kita tetap bisa memiliki akses di setiap lantainya. Misalnya saja, kita mendapat kamar di lantai tiga yang tidak ada lemari pendingin, kita bisa menggunakan lemari pendingin di lantai dua maupun satu. Kita juga bisa bertanya mengenai rekomendasi wisata di Singapura pada resepsionis hostel, mereka juga menyediakan penjualan tiket ke berbagai wahana wisata di Singapura dengan harga yang bersahabat, sehingga kita tidak perlu kerepotan untuk memesan atau mengantri untuk membeli tiketnya.




Jika teman-teman membawa beberapa barang berharga teman-teman bisa menyewa loker, tapi jika teman-teman membawa kunci loker sendiri maka fasilitas loker dapat digunakan secara gratis tanpa harus menyewanya. Salah satu fasilitas yang saya suka dari hostel ini adalah, hostel ini menyediakan sabun mandi dan shampoo secara gratis yang telah tersedia di kamar mandi dan terdapat tempat untuk menjemur handuk yang basah, benar-benar homey sekali. hehe. Tidak hanya itu saja di hostel ini juga tersedia dapur yang bisa digunakan untuk membuat makanan sendiri dan juga jasa laundry, cuman saran saya sebisa mungkin jangan sampai me-laundry pakaian jika benar-benar tidak kepepet karena tarifnya yang jika di kurs-kan ke rupiah cukup mahal. lol.


Tempat Jemuran, hehe :p

Sarapan tersedia mulai dari jam 7.00 AM hingga jam 11.00 AM, tidak ada jatah seberapa banyak makanan dan minuman yang boleh diambil tapi memang tidak ada pilihan lain untuk sarapan selain roti, beberapa pilihan selai, kopi dan teh. Saya paling suka untuk datang pagi-pagi untuk sarapan sekitar jam 8 sebelum mandi pagi, karena jika sudah agak siang maka akan sedikit berantakan dapurnya karena banyaknya penghuni yang telah menggunakan dapurnya untuk membuat sarapannya. Jika datang lebih pagi maka keadaan dapur jauh lebih rapih dan bersih dan masih ada tempat di lobby untuk duduk menikmati sarapan sambil menonton televisi. Ingat!! sarapan di hostel ini harus kita buat sendiri, karena ini budget hostel bukan hotel berbintang jadi jangan harap kita bisa langsung menyantap sarapan yang telah tersedia layaknya hotel berbintang. 




~Pemesanan~



Mungkin ini adalah salah satu hostel yang pemesanannya termudah sepanjang pengalaman saya traveling. Tidak perlu deposit dengan kartu kredit dan tidak perlu susah-susah pakai bahasa Inggris, cukup pakai bahasa Indonesia, haha. Kemudahan pemesanan juga didukung dengan adanya kemudahan untuk meghubungi pengelola hostel ini. Kita bisa menghubungi via email, whatsapp messenger maupun twitter, dan saya merekomendasikan untuk menghubungi via twitter atau Whatsapp karena lebih mudah dan lebih cepat feedback-nya daripada email. Diskon harga juga bisa di-update secara berkala melalui twitter, dan bahkan mengakses informasi lewat twitter menurut saya lebih tepat melihat website-nya yang agak kurang update mengenai rate harga yang ditawarkan. pergantian tanggal check-in juga sepengalaman saya tidak dipersulit apalagi dikenakan denda, asalkan diberitahu beberapa hari sebelum tanggal check-in terjadwal.  


~My Score~


Ini dia secara keseluruhan score yang diberikan oleh saya,
dari skala 1 sampai dengan 5 :



Secara keseluruhan saya cukup nyaman tinggal di hostel ini, selain karena beberapa pengelola hostel-nya yang juga ternyata masih keturunan Bugis, Indonesia sehingga bisa berbahasa Indonesia, juga karena suasana hostel-nya yang bisa membuat saya sebagai penghuninya merasa nyaman. Menurut saya fasilitas, pelayanan dengan harga yang dipatok oleh hostel ini benar-benar sebanding. So.. buat teman-teman yang mau jalan-jalan di Singapura bisa stay di hostel ini, hostel ini masuk dalam rekomendasi saya, dan biasanya mereka juga suka memberikan tarif diskon khususnya di low season. Happy Travelling!!

Gusti Bed and Breakfast's Contact :

Twitter :  @GustiBnB
Trip advisor : tripadvisor-Gustibnb


Share:  

2 comments:

  1. Wow :))
    Jadi pengin kak travelling ke luar negeri...
    Serta mencicipi gimana sih rasanya nginap di hostel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, thanks sudah main ke Blog. Ayooo nabung!! Jd bisa ikut traveling XD

      Delete