Friday, April 22, 2016

FAQ Working and Holiday Visa Australia for Indonesian

RED :
Question / Pertanyaan

BLACK :
Answer / Jawaban

                * * *

# Apa itu Working and Holiday Visa (WHV)?

Silahkan baca di di sini

# Kalau kita ikut WHV, dapat uang saku nggak dari pemerintah?

Nggak. Semua biaya dari mulai biaya pendaftaran visa, medical check up, tiket pesawat biaya hidup, biaya makan dll selama di Australia keluar dari saku pribadi kecuali orang tua mau ng-Bos-in. Jika benar adanya, maka kamu termasuk anak yang beruntung Sob!! huhu

# Kalau visa saya nggak granted uang kembali?

Nggak.

# Kenapa?

Nggak tahu, itu bukan wewenang Saya #ohok

# Berkas-berkas perlu di-translate ke bahasa Inggris atau tidak?

Tidak perlu kecuali bank statement.

# Bank statement harus uang sendiri atau bisa uang ortu?

Jika bukan uang sendiri, cantumkan KK (kartu keluarga) dan surat sponsor.

# Sekolah apa saja yang bisa Saya ambil di Australia?

Sekolah apa saja asalkan lama pendidikan tidak lebih dari 4 bulan. Jika ada niat untuk sekolah silahkan cek terlebih dahulu lewat website atau melalui agen yang menangani pelajar sehingga berkas bisa disiapkan di Indonesia sebelum terlanjur berangkat ke Australia.

# Apa saja isi wawancara?

Alasan kamu ke Australia dan rencana kamu di Australia, seperti mau kerja apa? mau kemana saja di Australia? mau sekolah apa?

# Wawancara pakai bahasa Inggris atau Indonesia?

Dua-duanya. Tapi kalau kamu hoki biasanya cukup kedapetan wawancara dengan satu bahasa, bahasa Inggris. Hehe

# Kalau kelewatan jadwal wawancara gimana?

Tunggu pengumuman jadwal wawancara minggu depan, jika masih tidak ada tunggu minggu depannya lagi. Jika jadwal wawancara masih belum di-update juga (masih jadwal wawancara yang lama), tetap menunggu. Jika sudah kelewatan dua kali panggilan wawancara sebaiknya email Ditjen Imigrasi atau daftar ulang karena biasanya hanya diberi kesempatan dua kali panggilan.

# Kalau saya cuman tamatan D1 tapi punya skills dan mau daftar WHV bisa nggak?

Silahkan cek website Ditjen imigrasi untuk persyaratan, jika tidak disebutkan maka tidak bisa.

# Saya telepon Ditjen Imigrasi ko nggak diangkat-angkat?

Nggak usah ditanyakan, nggak usah kaget dan heran, itu lagu lama. Coba tanyakan ke Pak Jokowi, ko prinsip kerja dan pelayanan masyarakatnya nggak nyampe-nyampe ke kantor Ditjen Imigrasi?

# Berapa banyak uang saku yang saya butuhkan untuk bertahan hidup di Australia selama belum dapat kerjaan di sana?

Tergantung hoki dan gaya hidup kamu. Kalau mau ngirit banget dan hoki (satu bulan nganggur) cukup dengan 1000-2000AUD

# Kota mana yang harus saya tuju?

Kamu bisa memilih ke kota mana saja yang kamu mau sesuai dengan tujuan kamu ke Australia. Tapi kalau kalian mau mencari dollar saya sarankan untuk ke utara Australia, seperti Darwin dan Outback, atau bisa juga ke Perth.

Banyak WHV Holders yang memilih Sydney tapi dollar yang dikumpulkan tidak bisa sebanyak WHV holders yang berkerja di utara Australia dan pedalaman ini dikarenakan biaya hidup di Sydney yang mahal sekali dan gajinya untuk pekerja casual kecil.

Biaya hidup di Melbourne lebih murah daripada Sydney dan menawarkan gaji yang tidak terlalu berbeda dengan Sydney, tapi untuk mencari pekerjaan casual di Melbourne dengan gaji besar cukup sulit. Mencari pekerjaan di pertanian dan gunung salju ketika musim salju juga solusi untuk mengumpulkan dollar.

# Kapan sebaiknya saya terbang ke Australia?

Saya menyarankan untuk terbang ketika musim panas mau dimulai karena banyak perkerjaan bertaburan di daerah pantai. Jangan datang ke Australia ketika mendekati liburan natal dan tahun baru, karena ini waktunya orang Australia berlibur. Orang Australia itu suka liburan guys! banyak libur di Australia bahkan pertandingan final Australian Football aja jadi libur nasional!


# Berapa biaya hidup di Australia?

Setiap kota dan state beda-beda. Tapi asumsikan saja Melbourne,

  • Harga daging sapi sekilo sekitar 14-18 AUD.
  • Bumbu masak sasetan 50 sen - 4 AUD.
  • Beras sekilo 3-5 AUD.
  • Ongkos makan di luar (paling murah) sekali makan 7-10 AUD (huhu, jadi mendingan masak deh),
  • Air minum mahol banget 3 AUD (Makanya bawa botol air minum, tinggal di-refilll), 
  • kopi take away 2 – 4.5 AUD (kopi dan teh paling murah di Seven Eleven),
  • Pulsa perdana alias SIM card doank 2 – 3 AUD, isi pulsa sekitar 30 – 60 AUD per bulan (tergantung provider dan paketan),
  • Sewa kost sekitar 100 AUD – 300 AUD per minggu biasanya sudah include bill (paling mahal di city), biaya taxi? mahaaal!! mending pakai Uber aja, hehe.
  • Train : maksimal pengeluaran naik train sehari sekitar 8 AUD, lebih lanjut bisa cek di website-nya.


Biaya hidup di Sydney, Perth, Canbera dan Outback lebih mahal ketimbang Melbourne.

# Berapa gaji di Australia?

Sama halnya seperti biaya hidup, setiap kota dan state itu beda, dan jika kita dapat bos yang baik dan mengikuti aturan yang berlaku, gaji weekends dan public holiday itu juga lebih besar ketimbang weekdays. Kita ambil saja Melbourne sebagai contoh lagi,

Wait staff dan Kitchen Hand: 10-18 AUD / jam (cash in hand), 17-24 AUD / jam (with tax)
Gaji karyawan di restaurant Asia termasuk Indonesia biasanya tergolong yang paling rendah, rata-rata 10-12 AUD / jam cash in hand, untuk Melbourne daerah city dan cafe Flinders Lane, gaji karyawan juga tergolong rendah sekitar 12-15 AUD / jam cash in hand. Biasanya gaji Kitchen hand juga sedikit lebih rendah daripada gaji wait staff.

Barista : 15-25 AUD / jam (cash in hand), 17-30 AUD / jam (with tax)
Besar kecilnya tergantung skills barista dan kualitas kopi di cafe tersebut. Misalnya cafe dengan predikat specialty coffee akan memberikan gaji barista lebih besar daripada cafe biasa.

Cleaning Service/House keeping :15-20 AUD / jam (cash in hand), 17-24 AUD / jam (with tax)

Pizza Maker dan Pizza delivery driver: 12-17 AUD / jam (cash in hand), 17-20 AUD / jam (with tax)

# Makanan halal, tempat sholat?

Silahkan email dan kunjungi Islamic Centre, dan tanyakan detailnya kepada mereka. Disarankan untuk selalu membawa koran sebagai alas sholat dan menghindari makanan Jepang (karena sausnya kebanyakan mengandung alcohol), serta aneka “gorengan” kaya kentang goreng, udang goreng, ikan goreng dll karena biasanya digoreng bersama babi. Jadi sebaiknya tanyakan, “Apakah digoreng satu penggorengan dengan babi?”. Ayam dengan merk Lilydale yang bisa didapatkan di Coles itu halal walau tidak ada logo halal.

# Kerja di sana dikasih waktu sholat?

Nggak. Jadi pintar-pintar manage waktu, dan siap sedia untuk sholat dimana saja dan kapan saja, seperti di dalam kereta misalnya.

# Bagaimana cara depat kerjaan di Australia?

Silahkan baca artikel ini

# Gimana caranya cari kos-kosan di Australia?

Cek website Gumtree, flatmate.com.au, dan realestate (fitur housemate/flatmate)



# Saya mau daftar WHV tapi nggak tahu bisa survive nggak di sana, dan nggak tahu harus apa?

Cuman bisa bilang, urungkan aja niatnya, ganti visa. Visa liburan atau belajar aja. WHV nggak mudah, jadi siapkan mental Guys.

# Bahasa Inggris di Australia beda nggak sama yang kita pelajari di Indonesia?

Agak beda, terutama aksennya susah dimengerti dan mereka banyak pakai bahasa slang. Makanya disarankan sebelum tiba di Australia pelajari lewat youtube atau artikel dan setelah sampai di Australia saya sarankan untuk bergabung dengan AIYA (Australian Indonesian Youth Assosiation). Jadi misi pertukaran budaya dan pemuda dari WHV ini tersampaikan.

# Amunisi apa saja yang perlu disiapkan?

Laptop (Jika ada), jika nggak ada? Bawa bank CV dan flash disk, kosongkan no HP dan alamat rumah (tulis pakai tangan jika sudah sampai di sana), Bawa banyak-banyak baju hangat, payung, sepatu sport (running shoes, disarankan warna hitam), jeans hitam/celana bahan hitam dan kaos hitam (untuk training  dan job trial), obat-obatan, kalau yang suka jahit-jahit bajunya yang bolong #Ups silahkan bawa jarum, benang dan peniti (susah nyarinya di Australia), jika bisa menyupir dan naik motor bisa bikin International Driving License and btw harga motor scooter di Australia murah banget sekitar 400 – 1000 AUD jadi yang suka motoran bisa beli motor di sana, hehe.

# Mau ngeprint CV dimana?

Silahkan ke Officeworks.

# Tempat belanja murah?

Groceries : Coles, Woolworths, Aldi. Coles biasanya buka sampai jam 12 malam.
Kebutuhan lainnya (baju, sepatu, seprei, selimut, setrika, panci, piring) : K-Mart, Big W, Target.
Obat-obatan dan kecantikan (kosmetik, sabun mandi, lotion) : My Chemist, Chemist Warehouse (sumpah ini murah banget sampai ke parfum)
Baju second hand atau yang tidak laku di store : Salvos (Army) Store

# Pakai bank apa yang bebas biaya bulanan?

NAB (National Bank of Australia),

# Gimana kalau Commonwealth?

Kena biaya bulanan sekitar 3 - 5 AUD, tapi jika saldo sudah mencapai sekitar 2000 AUD bebas biaya bulanan.

# Mau kirim doit ke Indonesia pakai apa?

Saya sarankan pakai "Kangoroo Service", jika kirim uangnya sedikit. Kenapa? Selain fee-nya murah (fee 10 AUD per 1000 AUD), rate kurs dollar – Rupiahnya juga masih bagus dan yang paling penting adalah “Mereka bisa bahasa Indonesia”, heuheuheuheu. Tapi jika mau kirim uang banyak banget mendingan tarik cash dan bawa ke Indonesia atau pakai jasa lainnya. Bank juga menyediakan jasa pengiriman.

# Saya masih punya banyak pertanyaan lainnya, gimana donk?

Maaf banget, ini blog bukan novel trilogy, huhuhu. Jadi kalau masih mau tanya-tanya bisa langsung gabung aja ke group WHV Indonesia di Facebook. Oke?! *wink*



Share:  

0 komentar:

Post a Comment