Monday, August 22, 2016

Main Ski dan Snowboarding Ala Backpacker di Mt Buller, Australia



Jika kalian berkiblat film Hollywood dan Eropa untuk masalah musim dingin di Australia maka kalian kesasar. Kenapa? Karena musim dingin di Australia sangat berbeda dengan di Amerika dan Eropa, bahkan jika kita menggunakan musim salju sebagai kata lain dari musim dingin, ini tidak bisa berlaku di Australia. Lalu apa di Australia tidak ada salju? Jawabannya, ADA, tapi di Gunung!! Tidak semua salju turun di daratan Australia, sebagai gantinya musim dingin di Australia menawarkan hujan es dan hujan rintik-rintik disertai angin kencang layaknya blower dalam pemotretan.

So, buat kamu yang mau ke Australia atau lagi di Australia dan mau main salju di musim dingin, mau nggak mau (banyak bener mau-nya) kalian harus naik-naik ke puncak gunung, hehe. Musim dingin di Australia dimulai dari bulan Juni hingga Agustus. Bulan September masih ada salju di gunung tapi tidak banyak. Lalu kapan saat terbaik untuk main salju, ski dan snowboarding? Saya rekomendasikan bulan Juli dan Agustus, dan untuk bulan September dan Juni biasanya ada diskon di wahana bermain salju karena cenderung sepi. (rajin-rajin aja check!)

Ada banyak tempat untuk bermain Salju, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Bagi kalian yang tinggal di Victoria (Melbourne dan sekitarnya), Mt Buller adalah wahana yang paling beken didatangi oleh para wisatawan, berhubung dekat dengan Melbourne (sekitar 3 jam dengan mobil) dan landscape yang mendukung untuk bermain ski dan snowboarding. Masalah harga, dari harga tiket masuk dan lift, Mt Buller berada di tengah-tengah, tidak mahal dan tidak murah.

Bagi kita orang kepulauan tropis yang nggak akan pernah melihat salju jika nggak pernah keluar dari sarangnya pasti akan bertanya-tanya, berapa harga untuk mencoba permainan yang ngehits dikalangan bule ini. So saya kasih tips and trick biar bisa main salju ala backpacker dengan hanya bermodal kurang dari 200 AUD di Mt. Buller.

1. Naik mobil ramai-ramai ke Mt Buller

Naik mobil ramai-ramai dengan teman yang punya mobil atau mencari travel mate dadakan ini akan jauh lebih murah, karena kalian hanya akan patungan bensin (50 - 100AUD), tiket masuk (45 AUD) dan patungan sewa rantai roda mobil(10-15) dan semuanya dibagi rata sejumlah orang yang ada di mobil. Kenapa harus sewa rantai? Ini untuk menjaga agar mobil tetap di posisinya saat parkir dan mencegah mobil untuk goyang twerk lalu mengantarkan nyawa kalian ke jurang saat menuruni gunung. Waktu terbaik ke Mt Buller adalah pagi-pagi buta, agar kalian bisa puas-puas main salju.

Jika kalian tidak punya teman dan gugur dalam mendapatkan travel mate yang punya mobil, maka jalan satu-satunya bisa dengan mengikuti tour. Kalau sudah begini bukan backpackeran lagi namanya, haha. Siapkan saja budget 200 - 250 AUD untuk tournya.

Note : Semua harga perkiraan per tahun 2015

2. Sewa alat-alat di Mansfield

Mt Buller menawarkan sewa peralatan dan pembelian tiket lift tapi jika mau main salju ala backpacker maka abaikan lah store Mt Buller yang terlihat megah dan silau ini, sebelum memasuki kawasan Mt Buller sekitar satu jam-an kalian akan memasuki kawasan bernama Mansfield. Kawasan ini adalah street peralatan saljunya Mt Buller. Saya menggunakan provider Discount Hire dan merasa puas sekali dengan harga, pelayanan dan fasilitas yang tersedia. Saya kasih mereka rating 5 deh. Di sini juga menjual goggle, topi sarung tangan dan lain-lain dengan harga terjangkau. Masalah harga dan jam bukanya bisa langsung kalian check di websitenya : www.skicentremansfield.com





Apa saja yang perlu disewa selain rantai? Jika kalian benar-benar bermodal badan doank ketika sampai di sini. Kalian wajib menyewa atau membeli :

  • Sarung tangan kedap air, untuk sarung tangan, topi dan goggle mereka tidak terima penyewaan, jadi mau nggak mau kalian harus beli (jangan pakai sarung tangan biasa, seperti yang banyak dijual di Indonesia)
  • Celana dan Jaket kedap Air
  • Topi yang menutupi telinga (kalau kalian punya topi yang biasa dipakai buat naik gunung, ini juga bisa)

Untuk peralatan seperti goggle dan helm ini optional, jika kalian tidak menyewa juga tidak jadi masalah, saya pribadi memilih untuk tidak menyewa keduanya. #Penghematan lol

Jangan lupa juga untuk memakai kaus kaki berlapis, membawa cadangan kaos kaki dan memakai baju berlapis.

3. Berburu perlengkapan di Aldi

Aldi ini kalau di Indonesia mungkin seperti Giant, dan Carrefour. Aldi juga terkenal dengan barangnya yang murah-murah. Sejak dimulainya musim dingin kalian bisa mulai hunting perlengkapan main salju di sini, kalau kalian beruntung kalian bisa mendapatkan sarung tangan seharga 10 AUD, celana training kedap air seharga 25 AUD dan lain-lain.

4. Nasi Bungkus

Janganlah malu menunjukan jati diri sebagai orang Indonesia, khususnya demi penghematan dan kemudahan memanjakan isi perut. Membawa bekal ini WAJIB hukumnya jika mau berhemat. Begitu kalian sampai di Mt Buller, kalian harus menuju ke tempat shelter bus dan akan diantar beramai-ramai ke lokasi wisata, dekat pintu masuk lokasi wisata kalian akan menemukan store, yang bersahabat karena ada tempat penyewaan alat-alat, loker, toilet dan tempat duduk-duduk untuk makan nasi bungkus, hehe.

Kalian juga bisa menyewa loker (patungan) untuk menyimpan nasi bungkus dan peralatan lainnya dan kembali lagi ke tempat ini hanya untuk sekedar makan-makan. Harga sewa loker sekitar 13 AUD.


Selfie sambil makan Nasi Bungkus #MariPiknik

5. Mau ngirit lagi? Silahkan main Toboggan.

Apa itu Taboggan? Kalau kalian pernah melihat pelampung ala-ala surfer untuk anak-anak berenang, yak! seperti itulah gambaran rupa taboggan. Intinya adalah kalian bisa duduk di papan lalu meluncur. Saya tidak tahu pasti kenapa ide ini muncul mungkin sebagai ganti prosotan, hehehe.

Taboggan ini sewanya murah dan bisa dimainkan oleh anak-anak atau orang tua yang kenak-kanakan, lol. Opsi lain bagi para readers yang nggak mau main ski dan snowboarding. Ada tempat khusus bagi wisatawan yang mau bermain toboggan di Mt Buller, tapi tidak menutup kemungkinan jika mau main toboggan di tempat yang sama dengan pemain ski lainnya biar terlihat keren.




6. Tiket Naik Lift Murah



Mau naik lift seperti background di belakang saya? lol


Siapa yang tidak tahu kalau main ski itu mahalnya di tiket lift? Jadi buat kalian yang kanker banget, kalian harus puas dengan tidak naik lift. Naik lift atau nggak, saya katakan tidak ngefek buat kalian yang masih pemula atau mau main buat gaya-gayaan, apalagi cuman buat selfie. Kalian masih bisa dapat spot foto yang bagus bahkan tempat bermain yang dibilang cukup aman daripada harus naik lift. Tempat yang dicapai dengan lift ini cukup tinggi, dan menurut saya kurang cocok bagi pemula bisa-bisa kalian bukan main ski tapi malah main prosotan kaya anak TK, heuheuheu.

Tapi jika kalian penasaran banget rasanya naik lift kaya di film-film, maka waktu yang pas untuk dapat harga murah adalah menunggu sampai jam 3. Yak! biasanya jam segini harga lift akan diskon, diskonnya bisa sampai setengah harga, bahkan kalian juga bisa patungan menyewa mentor. Makanya kalau membawa rombongan ke sini sebaiknya diseragamkan mau main ski atau snowboarding, jadi bisa sewa mentor satu untuk ramai-ramai (maksimal 3-4 orang, silahkan nego sama mbak-mbaknya kalau lebih, lol).





Sepengalaman saya main snowboarding dua kali di Mt Buller saya hanya spent sekitar 90 AUD (tanpa lift) dan sekitar 150 AUD (dengan lift dan mentor). Sudah termasuk bensin, sewa rantai dan tiket masuk, dan tidak termasuk sewa celana, jaket, topi, goggle dan sarung tangan (jaket minjam teman; celana, topi dan sarung tangan milik pribadi).

Silahkan share dan komen kalau menurut kamu tulisan ini bermanfaat! dan selamat backpackeran ke gunung salju!!
Share:  

0 komentar:

Post a Comment